Rabu, 04 Juli 2012

Unsur komunikasi & hambatan komunikasi


v Pengertian Komunikasi
Komunikasi didefinisikan sebagai penyampaian atau pertukaran informasi dari pengirim kepada penerima baik lisan ,tertulis maupun menggunakan alat komunikasi.

v Proses dan Unsur-unsur Komunikasi
1. Pengirim adalah orang yang memiliki informasi dan kehendak untuk menyampaikannya kepada orang lain.
2. Penyandian < enconding > merupakan proses mengubah informasi kedalam isyarat-isyarat atau simbul-simbul tertentu untuk ditramisikan.
3. Pesan adalah informasi yang hendak disampaikanpengirim kepada penerima.
4. Saluran atau media adalah alat dengan mana pesan berpindah dari pengirim kepenerima.
5. Penerima adalah orang yang menerima informasi dari pengirim.
6. Penafsiran < decoding >adalah proses meterjemahkan <menguraikan sandi-sandi > pesan dari pengirim ,seperti mengartikan huruf morse dan yang sejenisnya.
7. Umpan < feedbeck >merupakan tanggapan penerima atas informasi yang disampaikan pengirim .
8. Gangguan adalah setiap factor yang mengganggu penyampaian atau penerimaan pesan dari pengirim kepenerima.

v Komunikasi Antarpribadi
Komunikasi Antar pribadi adalah pertukaran informasi yang terjadi di antara dua orang.yang mana komunikasi antar pribadi masing-masing memiliki cara sendiri-sendiri dalam berhubungan dengan orang lain.ada empat kombinasi ,informasi yang diketauhi dan tidak diketeui baik diri sendiri maupun orang lain yaitu :
· Bidang Arena
· Bidang Gelap
· Bidang Tidak Diketaui
· Bidang Depan

v Komunikasi dalam Kelompok
Beberapa variable mempengaruhi frekuensi dan akuritas darikomunikasi ,variable tersebut meliputi :
1. Kesempatan untuk berinteraksi.
2. Status
3. Kepaduan

v Jaringan Komunikasi
· Jaringan komunikasi berkaitan pola saluran komunikasi diantara anggota kelompok atau di antara berbagai posisi dalam struktur organisasi .organisai dapat menciptakan jaringan komunikasi nikasi resmi.hal itu dapat dilakukan dengan menciptakan rancangan komunikasi dengan jaringan computer,telepon,dan laporan.
· Studi tentang jaringan komunikasi sudah dilakukan sejak tahun 1940an,
· Pengaruh kompleksitas tugas,jaringan sentralisasi lebih efisien untuk tugas yang sederhana ,sementara jaringan desentralisasi lebih efesien untuk menyelesaikan masalah yang komplek.
· Aturan komunikasi ,
· Penjaga gawang adalah orang yang mengendalikan pesan diantara dua orang kelompok dalam suatu struktur oaganisasi.
· Pemimpin Informal adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi secara informal sikap dan perilaku para anggota.
· Pelintas batas adalah seseorang yang selalu berhubungan dengan mengkaji perubaha lingkungan organisasi.

v Komunikasi Keorganisasian
· Pengaruh dari struktur organisasi adalah membatasi aliran komunikasi dengan demikian mengurangi permasalahan kelebihan informasi
· Aliran komunikasi formal dalam organisasi mrupakan pedoman kemana seseorang berkomunikasi dalam organisasi. Aliran komunikasi formal dalam organisasi dapat dibedakan menjadi empat yaitu :
1. Komunikasi dari atas kebawah < downward communication>
2. Komunikasi dari bawah keatas
3. Komunikasi Horizontal
4. Komunikasi Diagonal

v Hambatan-hambatan terhadap Komunikasi yang efektif
· Menilai sumber
· Penyaringan
· Tekanan waktu
· Mendengarkan secara selektif
· Masalah bahasa
· Bahasa kelompok
· Perbedaan kerangka acuan
· Bebean Komunikasi berlebihan

v Mengatasi Hambatan-hambatan Komunikatif
Komunikasi yang efektif tergantung pada kualitas dari proses komunikasi baik pada tingkat individu maupun pada tingkat organisasi.
Beberapa cara dapat dilakukan untuk meningkatkan efektifitas komunikasi :
· Meningkatkan umpan balik
· Empati
· Pengulangan
· Menggunakan bahasa yang sederhana
· Penentuan waktu yang efektif
· Mendengarkan secara efektif
· Mengatur arus informasi

sumber :
http://sutondoscript.blogspot.com/2011/06/penngertian-proses-dan-unsur-unsur.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar