v Pengertian Komunikasi
Komunikasi didefinisikan sebagai
penyampaian atau pertukaran informasi dari pengirim kepada penerima baik lisan
,tertulis maupun menggunakan alat komunikasi.
v Proses dan Unsur-unsur Komunikasi
1. Pengirim adalah orang yang memiliki informasi
dan kehendak untuk menyampaikannya kepada orang lain.
2. Penyandian < enconding > merupakan proses mengubah
informasi kedalam isyarat-isyarat atau simbul-simbul tertentu untuk
ditramisikan.
3. Pesan adalah informasi yang hendak disampaikanpengirim kepada
penerima.
4. Saluran atau media adalah alat dengan mana pesan
berpindah dari pengirim kepenerima.
5. Penerima adalah orang yang menerima informasi
dari pengirim.
6. Penafsiran < decoding >adalah proses meterjemahkan <menguraikan sandi-sandi > pesan dari pengirim ,seperti
mengartikan huruf morse dan yang sejenisnya.
7. Umpan < feedbeck >merupakan tanggapan penerima atas informasi yang
disampaikan pengirim .
8. Gangguan adalah setiap factor yang mengganggu penyampaian atau
penerimaan pesan dari pengirim kepenerima.
v Komunikasi Antarpribadi
Komunikasi Antar pribadi adalah
pertukaran informasi yang terjadi di antara dua orang.yang mana komunikasi
antar pribadi masing-masing memiliki cara sendiri-sendiri dalam berhubungan
dengan orang lain.ada empat kombinasi ,informasi yang diketauhi dan tidak
diketeui baik diri sendiri maupun orang lain yaitu :
· Bidang
Arena
· Bidang
Gelap
· Bidang
Tidak Diketaui
· Bidang
Depan
v Komunikasi dalam Kelompok
Beberapa variable mempengaruhi frekuensi dan akuritas
darikomunikasi ,variable tersebut meliputi :
1. Kesempatan untuk berinteraksi.
2. Status
3. Kepaduan
v Jaringan Komunikasi
· Jaringan komunikasi berkaitan pola
saluran komunikasi diantara anggota kelompok atau di antara berbagai posisi
dalam struktur organisasi .organisai dapat menciptakan jaringan komunikasi
nikasi resmi.hal itu dapat dilakukan dengan menciptakan rancangan komunikasi
dengan jaringan computer,telepon,dan laporan.
· Studi tentang jaringan komunikasi sudah dilakukan sejak tahun 1940an,
· Pengaruh kompleksitas tugas,jaringan sentralisasi lebih efisien
untuk tugas yang sederhana ,sementara jaringan desentralisasi lebih efesien
untuk menyelesaikan masalah yang komplek.
· Aturan komunikasi ,
· Penjaga gawang adalah orang yang mengendalikan pesan
diantara dua orang kelompok dalam suatu struktur oaganisasi.
· Pemimpin Informal adalah
seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi secara informal sikap dan
perilaku para anggota.
· Pelintas batas adalah seseorang yang selalu
berhubungan dengan mengkaji perubaha lingkungan organisasi.
v Komunikasi Keorganisasian
· Pengaruh dari struktur organisasi adalah membatasi aliran komunikasi
dengan demikian mengurangi permasalahan kelebihan informasi
· Aliran komunikasi formal dalam
organisasi mrupakan pedoman kemana seseorang berkomunikasi dalam organisasi.
Aliran komunikasi formal dalam organisasi dapat dibedakan menjadi empat yaitu :
1. Komunikasi dari atas kebawah <
downward communication>
2. Komunikasi dari bawah keatas
3. Komunikasi Horizontal
4. Komunikasi Diagonal
v Hambatan-hambatan terhadap Komunikasi yang
efektif
· Menilai
sumber
· Penyaringan
· Tekanan
waktu
· Mendengarkan
secara selektif
· Masalah
bahasa
· Bahasa
kelompok
· Perbedaan
kerangka acuan
· Bebean
Komunikasi berlebihan
v Mengatasi Hambatan-hambatan Komunikatif
Komunikasi yang efektif tergantung
pada kualitas dari proses komunikasi baik pada tingkat individu maupun pada
tingkat organisasi.
Beberapa cara dapat dilakukan untuk meningkatkan efektifitas
komunikasi :
· Meningkatkan
umpan balik
· Empati
· Pengulangan
· Menggunakan
bahasa yang sederhana
· Penentuan
waktu yang efektif
· Mendengarkan
secara efektif
· Mengatur
arus informasi
sumber :
http://sutondoscript.blogspot.com/2011/06/penngertian-proses-dan-unsur-unsur.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar