Penyebab dan Akibat dari Konflik dalam Organisasi
Penyebab dan Akibat dari Konflik dalam Organisasi
Konflik adalah hal yang wajar dalam interaksi dan interelasi antar anggota
organisasi. Dahulu konflik di anggap sesuatu yang tidak wajar dan berdampak
negatif terhadap organisasi, tetapi sekarang konflik merupakan kejadian yang
wajar yang berdampak negatif atau positif tergantung dari bagaimana cara
mengatasi dan mengelolanya.
Seorang pimpinan mempunyai kewajiban untuk memecahkan dan mengelola konflik
yang terjadi, sehingga aspek-aspek yang membahayakan dapat dihindari dan
ditekan seminim mungkin, dan aspek – aspek yang menguntungkan dapat
dikembangkan sebaik mungkin.
Konflik yang terjadi dapat disebabkan hal-hal berikut :
A. Faktor Manusia
1.
Ditimbulkan dari seorang pimpinan atau atasan kakrena gaya dan cara
kepemimpinanya.
2.
Personil yang mempaertahankan aturan-atiran secara kaku.
3.
Timbul karena ciri-ciri individual, seperti tempramental, egois, fanatik
dan sikap otoriter.
B. Faktor Organisasi
1.
Persaingan penggunaan Sumber Daya
Apabila sumber daya berupa uang, material atau sarana lain terbatas, maka
akan terjadi persaingan dalam menggunakannya.
1.
Perbedaan Tujuan dari Unit-unit
Setiap unit dalam organisasi mempunyai tugas dan tanggung jawab
dibidangnya. Perbedaan sering mengacu terjadi konflik.
1.
Perbedaan Nilai dan Persepsi
suatu kelompok tertentu merasa diperlakukan tidak adil sehingga ia
berpersepsi negatif. Para manajer muda beranggapan bahwa merekan diberikan yang
cukup berat, rutin dan rumit, sementara manajer tua diberikan tugas yang
ringan-ringan saja.
1.
Hambatan Komunikasi
Komunikasi yang kurang baik akan menimbulakn konflik antar anggota. Untuk
itu diperlukan komunikasi yang dapat dimengerti semua anggota
Dampak Konflik
A. Dampak Negatif
1.Menghambat Komunikasi
2.mengganggu keeratan hubungan
3.Menimbulkan perasaan tidak puas terhadap pekerjaan
4.Membuat invidu mengalami stress, deprei dan apatisme
B. Dampak Positif
1.Membuat Organisasi lebih harmonis
2.Berusaha beradaptasi dengan lingkungan
3.Menghargai dan menerima perbedaan gagasan dan pendapat
Referensi :
http://rajapresentasi.com/2009/05/manajemen-konflik-cara-mengelola-konflik-secara-efektif/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar